Logo Batalyon Pembekalan dan Angkutan ( Yonbekang ) 4 Air - Kalaka Rata Yudha

17:50
Request logo by Novi Alim Mudrani

1)         TUNGGUL
a)         Tunggul Yonbekang-4/Air berbentuK empat persegi panjang dibuat dari bahan beludru hijau tua / hijau rumput bewrjumbai kuning emas dari benang sutra.
b)         Pada bagian muka sebelah kanan dilukiskan pusara Ditbekangad.
c)         Pada bagian muka sebelah kiri dilukiskan Tunggul Yon Bek Ang -4/ Air dengan susunan sebagai berikut :
(1)        Bintang bersudut lima.
(2)        Lingkaran luar dan dalam.
(3)        Jangkar dan rantai.
(4)        Pita seloka dengan tulisan “KALAKA RATA YUDHA”

2.         SEJARAH SINGKAT PEMBENTUKAN BATALYON ANGKUTAN AIR
a.         Umum.           Sesuai dengan letak Geografis dan Geo Politik Republik Indonesia yang sebagian besar dari pulau besar dan kecil sehingga perhubungan.dilakukan melalui air, maka dengan adanya alat Angkutan Darat merupakan :
 1).        Bantuan transportasi Vital melalui perairan yang efektif dan efisien sebagai penghubung dalam mewujudkan keutuhan Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia
 2).        Sebagai sarana transportasi yang mempunyai kemampuan angkutan cukup besar,terutama dalam pendistribusian materil / bekal dari pusat ke komponen-komponen setrategis (kopam) serta dimungkinkan untuk pergeseran pasukan antar pulau.
 Dengan demikian maka kegiatan Angkutan Air Angkatan Darat, merupakan unsur pendukung yang turut memegang peranan penting, dalam setiap kegiatan TNI-AD khususnya dalam pembangunan Negara dan Bangsa Indonesia pada umumnya.
b.         Pembentukan Batalyon Angkutan Air.
1).        Dengan diresmikannya tanggal 24 April tahun 1946 sebagai hari jadi CORPS ANGKUTAN MILITER (CAM) DENGAN CORPS devise SENA ANANTA DHARMA GATI maka kegiatan Angkutan Air yang mertupakan salah satu cabang ANGKUTAN ANGKUTAN DARAT (ANGAD) tidak dapat dipisah-pisahkan dari pada perjuangan ANGKUTAN ANGKUTAN DARAT secara menyeluruh.
2).        Pada hakekatnya kegiatan Angkutan Air telah dilaksanankan sejak pecahnya Revolusi Kemerdekaan Republik Indonesia, Tetapi secara Organisasi/ Kesatuan ytang resmi baru berdiri pada kwartal I bulan Mei1950, setelah TNI-AD menerima ALANG AIR (Alat Angkutan Air) dari Leger Veart Tuigen Depot. (LVD). Verplegings dan Transport Dionst (VID) dan alat-alat HAR WAT ALANG AIR dari Leger Technishe Dienst (LTD) dari Tentara Belanda.
3).        Setelah Pengakuan Kedaulatan RI oleh Belanda maka DVt diserahkan kepada TNI-AD Cq. Staf Q (DPAT) Sedangkan LTD diterima oleh Dinas Teknik Tentara (DTT). Dengan modal dari LVD inilah pada kwartal I tahun 1950 didirikanlah Kesatuan Angkutan Tentara (KAT) dengan Komandannya Lettu CAM Abdul R$ahman yang pada akhir tahun 1950 digantikan oleh Lettu CAM Sumpono Sampai awal tahun 1952.
4).        Pada tahun 1952 kwartal I KAT dirubah menjadi KPAA ( Kesatuan Pasukan Angkutan Air) dengan Komandannya adalah Kapten INF. RE Soemarto. Pada periode 1952-1956 KPAA dirubah menjadi PAA 46-00 dan Kapten INF. R. Soemarto digantikan oleh Kapten CAM Amir Gondokusumo.
5).        Pada tanggal 19-04-1960 dengan keputusan DIRANG No. KPTS. 79-XII / 4 1960 PAA 46-00 dirubah menjadi BatalyonAngkutan Air dengan Komandannya adalah Mayor CAM Soekarsono Hardjowijono.
6).        Pada tahun 1961Mayor CAM Soekarsono Hardjowijono digantikan oleh Mayor CAM Soebroto Tirtobroto dan pada tahun 1964 digantikan oleh Mayor CAM R. Soedharman.
7).        Pada tahun 1966 Batalyon Angkutan Air dirubah namanya menjadi PELAYARAN ANGKATAN DARAT (PELAD) dan sebagai Perwira pelaksana PELAD yang pertama adalah Letkol CAM Hasan Mochamad. Pada tahun 1967 Letkol CAM Hasan Mochamad digantikan oleh letkol CAM Abd. Madjid yang selanjutnya digantikan lagi oleh LetkolCAM P.C.Soekadaroh.
8).        Pada masa itu juga PELAD dipecah menjadi PELAYARAN ANGKATAN DARAT dan BATALYON ANGKUTAN AIR PENDARAT.
9).        Pada tahun 1969  Palak PELAD Letkol CAM P.C. Soekadaroh digantikan oleh Letkol CAM Boerham Syah Nardi, yang selanjutnya pada tahun 1971 digantikan oleh Letkol CAM Syamsul Hadi. Pada saat-saat itu menjelang terbentuknya Komando Angkutan dan Pusat Angkutan dimana Pelad dirubah kembali menjadi Batalyon Angkutan Air sesuai Kep. Dirang No. Kep. 613 / XI / 1971 tanggal 13-11-1971.
10).      Pada tahun 1974 Komandan Batalyon Angkutan Air Letkol CAM Syamsul Hadi digantikan oleh Mayor CAM Pranoto yang selanjutnya manjadi Letkol. Pada tanggal 1 Juni 1978 diserah terimakan lagi kepada Mayor CAM Moertanto Aladin, tanggal 19-10-1978 dibentuknya Jawatan Angkutan Darat Militer maka Batalyon Angkutan Air diganti menjadi Badan Pelaksana Angkutan Air ( Balakangair ) dengan Komandannya Letkol CAM Moertanto Aladin Kemudian pada tahun 1983 digantikan oleh Letkol CAM Usmani.
11).      Pada tahun 1986 dengan Keputusan KASAD Nomor Kep/29/II/1986 tanggal 28 Februari 1986. Balak Angkutan Air dirubah kembali menjadi Batalyon Angkutan Air dengan Komandannya Letkol CAM M. Tohir.
12).      Pada tahun 1986 Komandan Batalyon Air digantikan oleh Letkol CAM Sulaeman Wijaya kemudian pada tahun 1987 digantikan oleh Letkol CAM Hariyono.
13).      Pada tahuin 1989 Komandan Angkutan Air Letkol CAM Hariyono digantikan oleh Letkol CAM Y Sugiyanto kemudian pada tahun 1994 digantikan oleh Letkol CAM J Budi Raharjo.
14).      Pada tahun 1997 Komandan Batalyon Air Letkol CAM J Budi Raharjo digantikan oleh Letkol CAM Ir, Drs Djoko Susilo kemudian digantikan oleh Letkol CAM Yuli Hartoyo Pada tahun 1999 yang selanjutnya digantikan oleh Letklol CAM M Ridwan pada tahun 2000.
15).      Pada tahun 2003 sesuai Surat Keputusan Kasad Nomor : Skep / 47 / XII / 2003 tanggal 19 desember 2003 tenteang penggabungan Corps Intendans (CIN) dengan Corps Angkutan Militer (CAM) menjadi Corps Pembekalan Angkutan (CBA) Batalyon Air dirubah kembali menjadi Batalyon Pembekalan Angkutan-4/Air dengan Komandannya Letkol CBA Chalis wahyono.
16).      Pada bulan agustus tahun 2004 Komandan Batalyon Angkutan-4/Air Letkol CBA Chalis Wahyono kemudian digantikan oleh Letkol CBA Sastra Winata.
17).      Pada bulan april tahun 2006 Komandan Batalyon Pembekalan Angkutan-4/Air Letkol CBA Sastra Winata digantikan oleh Letkol CBA Yusuf Ali,S.E, M.M sampai sekarang.
18).     Pada bulan mei 2009 Komandan Batalyon Pembekalan Angkutan-4/Air Letkol CBA Yusuf Ali,S.E, M.M. digantikan oleh Letkol CBA Tris Winarno.
19).      Pada bulan juli 2011 Komandan Batalyon Pembekalan Angkutan-4/Air Letkol CBA Tris Winarno digantikan oleh. Letkol CBA  Novia Tri Wibowo, SH  Sampai sekarang

http://www.ditbekangad.mil.id/category/satuan-pelaksana/yonbekang-4-air/
Previous
Next Post »
0 Komentar