Logo Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pasukan Khas ( Pusdiklat Paskhas ) Bandung

22:44
Request logo by Novi Alim Murdani
Wing III Pasukan Khas (komposit) adalah bagian dari Korps Pasukan Khas TNI Angkatan Udara yang bekedudukan di Medan dan mebawahi beberapa kesatuan di antaranya :
  1. Batalyon Komando 462/Pulanggene-Pekanbaru
  2. Batalyon Komando 465/Brajamusti-Pontianak
  3. Batalyon Komando 469/Pancawara-Medan
  4. Detasemen Hanud 473/Kunta Wijayandanu-Pontianak
Embrio Wing III Diklat Paskhas tidak terlepas dari proses Korps Pasukan Khas TNI Angkatan Udara (Korpaskhas) secara umum cikal bakalnya dari Pasukan Pertahanan Pangkalan (PPP) saat penjajahan Jepang di Indonesia dan terbentuknya TNI Angkatan Udara (TNI AU). TNI AU sendiri cikal bakalnya dari Badan Keamanan Rakyat Oedara (BKRO) yang merupakan bagian dari Badan Keamanan Rakyat (BKR).

BKRO-TKRO-TRIO
Dengan adanya perubahan dan penyempurnaan organisasi BKR menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR), maka BKRO juga menjadi TKR Oedara (TKRO) yang saat itu dikenal dengan nama TKR Jawatan Penerbangan. Selanjutnya seiring dengan peningkatan TKR menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI) pada tanggal 25 Januari 1946, maka TKRO juga menjadi TRI Oedara (TRIO). Pada tanggal 9 April 1946 TRIO atau TRI Jawatan Penerbangan kemudian disyahkan menjadi Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI), berdasarkan Penetapan Pemerintah Nomor : 6/SD/1946 tanggal 9 April 1946 tentang pengesahan Tentara Republik Indonesia Jawatan Penerbangan menjadi Angkatan Udara Republik Indonesia yang kemudian dikenal sampai sekarang dengan nama Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (AURI). Yang disejajarkan dengan TNI AD dan TNI AL.
Korps Pasukan Khas TNI Angkatan Udara (disingkat Korpaskhasau, Paskhas atau sebutan lainnya Baret Jingga), merupakan pasukan (khusus) yang dimiliki TNI-AU. Paskhas merupakan satuan tempur darat berkemampuan tiga matra, yaitu udara, laut, darat. Setiap prajurit Paskhas diharuskan minimal memiliki kualifikasi para-komando (parako) untuk dapat melaksanakan tugas secara profesional, kemudian ditambahkan kemampuan khusus kematraudaraan sesuai dengan spesialisasinya.
Tugas dan tanggung jawab Korpaskhas sama dengan pasukan tempur lainnya yaitu sebagai satuan tempur negara, yang membedakan yaitu dari semua fungsi paskhas sebagai pasukan pemukul NKRI yang siap diterjunkan disegala medan baik hutan, kota, rawa, sungai, laut untuk menumpas semua musuh yang melawan NKRI. Paskhas mempunyai Ciri Khas tugas tambahan yang tidak dimiliki oleh pasukan lain yaitu Operasi Pembentukan dan Pengoperasian Pangkalan Udara Depan (OP3UD) yaitu merebut dan mempertahankan pangkalan dan untuk selanjutnya menyiapkan pendaratan pesawat dan penerjunan pasukan kawan.
Korpaskhas bertugas membina kekuatan dan kemampuan satuan Paskhas sebagai pasukan matra udara untuk siap operasional dalam melaksanakan perebutan sasaran dan pertahanan obyek strategis Angkatan Udara, pertahanan udara, operasi khusus dan khas matra udara dalam operasi militer atas kebijakan Panglima TNI.
Warna baret jingga Paskhas terinspirasi dari cahaya jingga saat fajar di daerah Margahayu, Bandung, yaitu tempat pasukan komando ini dilatih.
Sumber : Wikipedia
Previous
Next Post »
0 Komentar