Universitas Negeri Papua ( UNIPA ) Manokwari

23:31
Logo atau lambang Universitas Negeri Papua diciptakan oleh YAN MAKABORI (riwayat singkat pencipta disajikan pada Lampiran 2) dan dimodifikasi oleh Senat UNIPA. Adapun karyanya adalah sebagai berikut :
  1. Logo digambar dalam bentuk lingkaran dengan warna dasar ungu melambangkan Universitas Negeri Papua merupakan pengembangan dari Fakultas Pertanian Universitas Cenderawasih.
  2. Dasar gambar berbentuk segitiga sama kaki melambangkan Universitas Negeri Papua sebagai suatu lembaga otonom.
  3. Logo Universitas Negeri Papua adalah Bunga Anggrek Kribo (Dendrobium spectabile) dan Kupu-Kupu Sayap Burung (Ornithoptera sp.). Labelum dan kepala kupu-kupu berbentuk Mata Pena yang digambar dalam bentuk dasar ukiran (Karerin) Teluk Cenderawasih berwarna Kuning Emas, yang dipadu dengan gambar Buku pada bagian tengah bawah berwarna Putih.
  4. Pada bagian luar gambar terdapat tulisan Universitas Negeri Papua dalam bentuk melingkar berwarna Kuning Emas.
  5. Warna Kuning Emas melambangkan Keagungan, Kejayaan dan Kebahagiaan.
  6. Warna Putih melambangkan kedamaian, ketenangan dan kesucian.
  7. Anggrek Kribo dan Kupu-kupu Sayap Burung merupakan spesies flora dan fauna endemik Tanah Papua yang memiliki keindahan khas yang membanggakan, melambangkan Visi dan Misi Universitas Negeri Papua untuk menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan sejajar dan membanggakan di tingkat nasional maupun di tingkat dunia.
  8. Buku dan kepala kupu-kupu berbentuk mata pena menghadap ke arah buku, melambangkan Univesitas Negeri Papua sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi yang memiliki komitmen yang kokoh dan teguh untuk menggali, menghasilkan dan mengkomunikasikan produk-produk ilmu pengetahuan kepada seluruh masyarakat, dengan motto : "Ilmu Untuk Kemanusiaan".
  9. Logo digambar dalam bentuk ukiran (Karerin) daerah Teluk Cenderawasih melambangkan bahwa Universitas Negeri Papua dalam melaksanakan kegiatannya untuk mencapai Visi dan Misinya berakar pada budaya Papua.
Secara keseluruhan, logo Universitas Negeri Papua melambangkan : "Universitas Negeri Papua sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi di Tanah Papua memiliki komitmen yang kokoh dan teguh untuk menghasilkan sumber daya manusia yang dapat dibanggakan di tingkat Nasional dan Internasional, selalu berupaya untuk menggali, menghasilkan dan mengkomunikasikan produk-produk ilmu pengetahuan dan teknologi kepada masyarakat luas tanpa melupakan budaya Papua".
Universitas Negeri Papua atau disingkat UNIPA, disahkan pada tanggal 03 November 2000, sesuai Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 153 Tahun 2000, dan diresmikan berdirinya pada hari Sabtu tanggal 28 Juli 2001.
Berdirinya UNIPA ini sebagai wujud kemandirian Fakultas Pertanian Universitas Cenderawasih (Faperta Uncen), yang sudah dicita-citakan sejak tahun 1982. Upaya menuju kemandirian ini terus diperjuangkan baik secara formal maupun non formal pada berbagai kesempatan. Pada awal abad ke-21 tahun 2000, dibentuk suatu tim yang ditugaskan untuk menyusun Usulan Pendirian UNIPA dan Usulan Rencana Pengembangan UNIPA. Usulan-usulan ini mendapatkan suatu tanggapan positif dari pihak legislatif, eksekutif dan rakyat Papua serta dukungan dari Senat Universitas Cenderawasih. Pada akhirnya, usulan ini memperoleh restu dari Presiden Republik Indonesia dan Wakil Presiden Republik Indonesia serta Kabinet Persatuan, yakni dengan diterbitkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 153 Tahun 2000 (Profil Sejarah UNIPA, disajikan pada Lampiran 1).
Dikeluarkannya keputusan tersebut, menuntut dilakukannya berbagai persiapan baik dalam bidang akademik maupun administrasi. Persiapan akademik antara lain pengusulan berbagai program studi dan jurusan sesuai kekuatan dan peluang yang dimiliki serta memperhatikan pula kelemahan dan hambatan atau ancamannya. Persiapan administrasi antara lain menyusun dan membahas berbagai perangkat dan aturan yang dibutuhkan guna kelancaran tugas-tugas di masa datang.
Pada hari ini Sabtu, tanggal 28 Juli 2001, merupakan hari yang bersejarah pula bagi UNIPA karena mulai diresmikan secara operasional berbagai kegiatan, dan pengaturannya dilakukan secara bertahap bersama-sama dengan mantan induknya yaitu UNCEN. Berbagai aset yang dimiliki oleh Faperta Uncen, kini menjadi aset UNIPA baik sumberdaya manusia, lahan, tanaman, ternak maupun bangunan fisik dan penunjang lainnya.
1.2 Lokasi
Kampus utama UNIPA berlokasi di Manokwari, tepatnya di Kelurahan Amban. Berjarak lebih kurang 5 km sebelah Utara kota Manokwari, berhadapan dengan Samudera Pasifik dan letaknya pada ketinggian sekitar 110 m di atas permukaan laut.
Lokasi lainnya tersebar di tiga kabupaten lain di Tanah Papua ini yakni Sorong, Paniai dan Biak-Numfor.
1.3. Alasan Pemberian Nama UNIPA
Pemberian nama "Universitas Negeri Papua" atau disingkat "UNIPA" memiliki alasan sebagai berikut:
  • Kedudukannya di Irian Jaya yang secara historis bernama "Papua"
  • Usulan perubahan nama Propinsi Irian Jaya menjadi Propinsi Papua
  • Bermakna hakiki untuk "mengembalikan jati diri" rakyat Papua yang menjunjung tinggi kejujuran dan religius
  • Sebagai tempat pelestarian budaya masyarakat Papua yang menyakini bahwa alam beserta isinya adalah karunia Tuhan, yang wajib diberlakukan sebagai "ibu kandung" yang melindungi dan memberi makan anak-anaknya.

2.1. Visi
"Universitas Negeri Papua sebagai suatu penyelenggara Pendidikan Tinggi terkemuka yang melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk mengemban, mengkomunikasikan serta menerapkan IPTEKS yang bermutu dalam mewujudkan pembangunan yang berbasis pertanian dan konservasi sumberdaya alam, dengan tetap mempertahankan dan mengangkat nilai budaya Papua dalam kancah budaya Nasional Indonesia, memanfaatkan serta melestarikan potensi sumberdaya alam lokal wilayah Irian Jaya untuk tujuan pembangunan yang berasakan nilai luhur Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945".
2.2. Misi
  • Menyelenggarakan program pendidikan tinggi dengan prinsip manajemen terpadu
  • Menghasilkan tenaga pemikir dan peneliti yang handal dan mampu memutahirkan IPTEKS
  • Sebagai pusat kepakaran dan pemberi layanan pemikiran strategis
  • Berorientasi pada produktivitas, kualitas, efisiensi, relevansi dan profesional
  • Berupaya meningkatkan kualitas hidup rakyat Papua.
2.3. Tujuan
  • Mengembangkan program pendidikan jalur akademik dan profesional dalam ilmu-ilmu pertanian, mipa, ekonomi dan sosial
  • Menghasilkan lulusan berkemampuan akademik dan profesional yang tinggi, berjiwa kewirausahaan, bermental pelopor, bermoral dan berakhlak tinggi
  • Mengembangkan kampus sebagai pusat kepakaran dan penyebar teknologi
  • Mengembangkan mutu kegiatan ekstrakurikuler mahasiswa
  • Mengembangkan kerjasama kemitraan dengan berbagai pihak.
Sumber : http://www.papuaweb.org/info/unipa/info-id.html#III
Previous
Next Post »
0 Komentar