Logo / Lambang Popnas XI Tahun 2013 Riau

10:02
14 September 2013 pukul 20:10 WIB di Stadion Sepakbola Gelora Soemantri Brojonegoro Kuningan – Jakarta Selatan akhirnya Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) 2013 resmi dibuka oleh bapak Djoko Pekik Irianto dari Kepala Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kementrian Pemuda dan Olahraga dengan ditandai oleh penyalaan obor oleh Dinda Defriana seorang atlet senam ritmik dari DKI Jakarta.
Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) adalah sebuah perjalanan panjang membentuk manusia Indonesia yang sehat jasmani dan rohani, melalui pembinaan olahraga pelajar berskala nasional. Perlu waktu 20 tahun lebih membentuk POPNAS menjadi bentuknya yang sekarang, ajang pesta olahraga pelajar nasional dua tahunan. Hasil yang diperoleh pun saat ini belum dapat dikatakan sempurna. POPNAS pertama kali dilaksanakan pada tahun 1989 di Jakarta dan dilaksanakan setiap 2 tahun sekali, tahun ini POPNAS sudah dilaksanakan selama 12 kali.
POPNAS ke-12 tahun ini akan diselenggarakan di DKI Jakarta selama 7 hari, yaitu pada tanggal 14 sampai 20 September 2013.
5000 pelajar dari 33 propinsi di Indonesia dikirimkan ke Jakarta untuk membela propinsinya masing-masing untuk membawa nama baik propinsinya. Tak terkecuali sang tuan rumah, DKI Jakartapun mengirimkan 330 atlet muda berkualitas yang telah dikukuhkan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta bapak Basuki Tjahaja Purnamadikirimkan untuk mengikuti POPNAS 2013 dengan target menjadi juara umum.
Ada 20 cabang olahraga yang akan dipertandingkan dalam POPNas 2013 kali ini, cabang-cabang tersebut yaitu Angkat Besi, Bola Voli, Dayung, Karate, Renang, Sepak Takraw, Tenis Meja, Atletik, Bola Voli Pasir, Gulat, Panahan, Senam, Taekwondo, Tinju, Bulu Tangkis, Bola Basket, Judo, Pencat Silat, Sepak Bola, Dan Tenis. Pertandinganpun dilaksanakan dibeberapa tempat di Ibukota Jakarta, tempat-tempat tersebut adalah Gelanggang Remaja Jakarta Utara, Stadion Atletik Gelanggang Olahraga Rawa Mangun – Jakarta Timur, Gelanggang Olahraga Mahasiswa Sumatri Brodjonegoro - Kuningan Jakarta Selatan, Gedung Olahraga Gelanggang Remaja Jakarta Selatan, Gelora Bung Karno Senayan, Gelanggang Remaja Kecamatan Pulo Gadung, Kanal Banjir Timur – Jakarta Utara, Gelanggang Remaja Kecamatan Tanjung Priok, Gedung Judo Gelanggang Olahraga Sunter – Jakarta Utara, GOR Ciracas, Gelanggang Olahraga Ragunan, Padepokan Pencak Silat, GMSB Kuningan, Gedung Senam Radin Inten, Lapangan Bulutangkis Cendrawasih, GOR Rawamangun,Gelanggang Remaja Jakarta Timur, dan Auditorium Ragunan.
Hasil sementara pertandingan ini menunjukkan Jakarta unggul untuk sementara dengan mendapatkan 9 medali emas 5 perak dan 2 perunggu. Diposisi ke 2 ada Jawa Timur dengan memperoleh 5 medali emas, 6 perak dan 4 perunggu, dan diikuti oleh Sumatra Barat dan Jawa Barat diposisi ke-3 dan ke-4.

Tahun ini POPNAS bertemakan “Ajang Mencetak Atlet Pelajar Berprestasi di tingkat Nasional, Regional dan Internasional” dengan logo dan memiliki mascotBurung Elang Bondol (Haliastur Indus) melambangkan warga Jakarta yang selaludinamis, tangkas, dan cepat dalam bertindak, selain dari pada itu bentuk dan warna tubuhnya sangat atletik.
Banyak tokoh-tokoh dan masyarakat pada umumnya berharap dengan adanya penyelenggaraan POPNAS 2013 ini akan memotivasi para pelajar umumnya dan para atlet muda pada khususnya untuk meningkatkan sportivitas dan Jiwa Berkompetisi mereka. Masyarakatpun berharap dengan adanya ajang olahraga pelajar seluruh Indonesia ini akan mencetak atlet-atlet jempolan yang nantinya akan membawa nama baik Indonesia dikancah olahraga Asia Tenggara, Asia, dan Dunia.
Acara pembukaan POPNAS 2013 kali ini juga dimeriahkan oleh mantan penyanyi cilik Bondan Prakoso featuring Feat 2 Black. Acara semakin meriah dengan ditampilkannya Tari Kolosal Bunga Katulistiwa yang ditarikan oleh 500 penari dari DKI Jakarta.
Previous
Next Post »
0 Komentar