Download Logo Vector Komando Operasi Angkatan Udara II ( KOOPS AU II )

16:11
Komando Operasi Angkatan Udara II atau disingkat Koops AU II adalah salah satu Komando Operasi TNI Angkatan Udara yang mencakup wilayah Indonesia bagian timur yang meliputi seluruh Sulawesi, Kalimantan Timur, sebagian Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Maluku, sebagian Jawa Tengah dan Papua. Koops AU II bermarkas di Makassar, Sulawesi Selatan.

Komando ini mempunyai tugas yaitu pembinaan kemampuan dan kesiapsiagaan operasional satuan-satuan TNI AU dalam jajarannya, dan melaksanakan operasi-operasi udara dalam rangka penegakan kedaulatan negara di udara, mendukung penegakan kedaulatan negara di darat dan di laut.


Dibentuk pada tanggal 26 Juni 1951 berdasarkan surat keputusan Kepala Staf TNI Angkatan Udara. Dibentuk melalui penggabungan lima skuadron operasional yang membentuk suatu grup operasional.

Pada tanggal 27 Juli 1954 namanya diubah menjadi Komando Grup Komposisi (KGK)[2] hingga pada tanggal 5 Oktober 1959. Kemudian diubah menjadi Komando Oparasi Angkatan Udara hingga tanggal 21 Juni 1976. Setelah itu namanya diubah kembali menjadi Komando Paduan Tempur Udara (Kopatdara) hingga tanggal 10 Mei 1985. Sejak reorganisasi ABRI namanya diubah kembali menjadi Komando Operasi TNI Angkatan Udara hingga saat ini.

Artikel Dikutip dari WIKIPEDIA
Previous
Next Post »
0 Komentar