Logo Batalyon Infanteri 133/Yudha Sakti - Yonif 133/YS Padang

23:44
Batalyon Infanteri 133/Yudha Sakti atau Yonif 133/YS merupakan Batalyon Infanteri yang berada dibawah komando Korem 032/WirabrajaKodam I/Bukit Barisan. Markas Batalyon, kompi markas dan kompi B berkedudukan di Air Tawar, Padang. Kompi Bantuan dan Kompi Senapan C berkedudukan di Siteba, Padang. Sedangkan kompi senapan A terletak di Lapai.
Mako Yonif 133 (WIkipedia)

Tidak hanya sebagai Batalyon yang sigap angkat senjata, Yonif 133/YS ternyata juga memiliki tim Dragon boat yang cukup kuat dan disegani baik di tingkat Nasional ataupun Internasional. Tak jarang tim Dragonboat Yonif 133/YS bertanding di kancah Nasional atau Internasional, baik membela Kesatuan, Kota Padang, Sumbar ataupun Indonesia seperti yang dilakoninya ketika bertanding di kejuaraan Dunia antar Klub/ Club Crew World Championship (CCWC) di Penang Malaysia tahun 2008 yakni meraih peringkat 4 besar Dunia nomor 2000 meter Open dan Putrajaya Dragonboat International di Kualalumpur 2009 dengan hasil meraih medali Emas nomor Mix 12 orang Pendayung.
Baca Juga :
Terakhir di Kejuaraan Internasional Dragonboat yang berlangsung di Melaka Malaysia pada Juni 2011 lalu, Tim Yonif 133/YS berhasil menjadi juara 2 Kelas Internasional. Di kancah Regional, Yonif 133 YS meraih prestasi yang lumayan bagus. Tercatat Tim ini meraih juara 1 Kelas Internasional 2007 di Padang, Juara 1 dan 2 Antar Kesatuan TNI POLRI tahun 2008 dan 2009, membawa tim Sumbar meraih Juara Umum Kejurnas Dayung Tradisional di Padang, Juara 2 Sriwijaya Dragonboat di Palembang tahun 2008 serta Semifinalis Dragonboat di Cilacap dan Batam pada tahun 2009 yang lalu.

Tentunya Prestasi baik ini adalah berawal dari "tangan dingin" kepemimpinan Komandan Batalyon mereka ketika itu yakni Letnan Kolonel (infanteri) Yusman Madayun dan dilanjutkan kepemimpinan Letnan Kolonel (Infanteri) Habzen Sianturi SIP. Kalau TNI AL memiliki Kolinlamil dan Pasmar yang memiliki Tim Dragonboat[3] dan berprestasi Internasional, Maka TNI AD memiliki Yonif 133/YS sebagai tim yang punya tim dragonboat yang cukup kuat pula. Terlepas dari ini, Prajurit Yonif 133/YS ternyata juga sering melakukan Operasi PAM NKRI seperti Operasi Penumpasan GAM di Aceh tahun 2004 dan Operasi PAM di Maluku tahun 2010 yang lalu.

Artikel dikutip dari Wikipedia
Previous
Next Post »
0 Komentar