Logo dan Bendera Negeri Selangor - Persekutuan Tanah Melayu (Malaysia)

23:14
Logo Negeri Selangor Darul Ehsan
Negeri Selangor (juga disebut Selangor Darul Ehsan) merupakan salah satu dari tiga belas negeri yang membentuk Malaysia. Ia terletak di tengah-tengah Semenanjung Malaysia di pantai barat dan mengelilingi Kuala Lumpur dan Putrajaya. Negeri ini juga berbatasan dengan Negeri Perak di utara, Pahang di timur, Negeri Sembilan di selatan dan Selat Malaka di sebelah barat.
Baca Juga :
Selangor adalah negeri dengan jumlah penduduk terbanyak di Malaysia. Selangor juga merupakan negeri tinggi dan terkaya di Malaysia, berdasarkan Produk domestik bruto (PDB) dan dinyatakan sebagai negeri maju pada 27 Agustus 2005.
Bendera Negeri Selangor Darul Ehsan
Asal nama Selangor tidak jelas, walaupun beberapa sumber menyatakan bahwa namanya telah diambil dari kata "Selangau", yaitu sejenis lalat besar, karena jumlah lalat yang ada dekat dengan Sungai Selangor, di bagian barat laut negeri ini . Satu lagi teori mengatakan bahwa nama negeri ini diambil dari frasa "Selang Ur" berarti "tanah selat" ("ur" berarti "tanah" dalam bahasa Tamil).
Pada abad ke-15, Selangor terletak di bawah pemerintahan Malaka. Setelah kejatuhan Malaka, ia menjadi rebutan di antara penjajah Portugis, Johor, Aceh dan Siam. Setelah Belanda mengalahkan Portugis di Malaka, mereka membawa masuk tentara bayaran Bugis dari Sulawesi. Ini menyebabkan kaum Minangkabau yang lebih dulu (100 tahun awal) datang dari Sumatra terpaksa pindah.
Pada abad ke-19, kemajuan ekonomi akibat pertambangan bijih timah dan penanaman pohon karet menarik banyak pendatang Cina. Kaum Tionghoa ini membentuk kongsi gelap dan berpakat dengan pembesar Selangor merebut kekayaan ini. Suasana kucar-kacir ini memberi peluang kepada Inggris untuk memaksa Sultan Selangor menerima seorang Residen Inggris di Klang pada 1874 yaitu JG Davidson. Taktik ini efektif bila Inggris berhasil mengontrol kondisi dan Selangor kembali makmur.
Artikel dikutip dari Wikipedia
Sumber Data vector : http://vectorise.net/
Previous
Next Post »
0 Komentar