Logo PUSDIK Perhubungan (PUSDIKHUB) TNI AD

23:56
Lambang PUSDIK Perhubungan (PUSDIKHUB) TNI AD
Request Logo By Novi Alim Murdani
CIKAL BAKAL PUSDIKHUB
Organisasi Pusdikhub TNI AD bersumber dari 3 (tiga) organisasi yaitu Depot Lager Verbinding Tropen, pendidikan Batalyon 4 Siliwangi di lembang dan bagian pendidikan pada Inspektorat Perhubungan Angkatan Perang di Ngarso Puro Solo. Peleburan unsur - unsur ketiga organisasi tersebut khususnya Depot Lager Verbinding Tropen yang diserahkan kepada Dinas Pendidikan Angkatan Darat (DPAD) pada tanggal 1 Mei 1950, merupakan cikal bakal organisasi Pusat Pendidikan Perhubungan.
Baca Juga :
Depot Perhubungan Angkatan Darat.
Selanjutnya tanggal 5 Mei 1950, dibentuk Depot Perhubungan Angkatan Darat DPHBAD, yang berfungsi sebagai Lembaga Pendidikan Perhubungan Angkatan Darat sehingga tanggal tersebut dijadikan sebagai hari jadi Pusat Pendidikan Perhubungan TNI AD. Pendidikan pertama dilakukan pada tanggal 1 September 1950 yaitu Pendidikan Dasar Perhubungan untuk Perwira dan Bintara, dengan tenaga pelatih dari Ex KNIL dan MMB ( Misi Militer Belanda). Sejak itu disamping Pendidikan yang bersifat teknis dari MMB, mulai diajarkan / ditanamkan landasan jiwa keprajuritan TNI seperti yang diamanatkan oleh Jendral Soedirman. Pada tanggal 10 Nopember 1957 mulai diberikan Pendidikan berjenjang bagi Perwira dan Bintara yang berasal dari seluruh Wilayah Indonesia.
Sekolah Bintara Corps Perhubungan Angkatan Darat.
Pada tanggal 20 Desember 1952 berdasarkan Ketetapan Direktur Perhubungan Angkatan Darat Nomor : 441 nama DPHBAD diganti menjadi Sekolah Bintara Corps Perhubungan Angkatan Darat (CPHB AD). Sejak itu mulai dilaksanakan pula Pendidikan Sekolah Bawahan di BTC (Beatle Training Center) Surabaya. Sedangkan pendidikan untuk Perwira berada di Lembang namun hal ini belum pernah terlaksana.
Pusat Pendidikan Perhubungan Angkatan Darat (PPHB AD).
Pada tanggal 1 Januari 1953 berdasarkan Skep Kasad Nomor : 93 / KSAD / KPTS / 1952, nama Sekolah Bintara Corps Perhubungan diganti dengan Pusat Pendidikan Perhubungan Angkatan Darat ( PPPHBAD). Pada tanggal 7 Juni 1956 PPPHBAD diserah terimakan oleh Direktur Corps Perhubungan AD kepada Inspektorat Jendral Pendidikan dan Latihan dengan status BP terus menerus.
Resimen Induk Perhubungan.
Pada tanggal 24 Nopember 1959 PPPHBAD diganti menjadi Resimen Induk Perhubungan (Rinhub) dan menggunakan Bagde Mabad. Sejak saat itu dikumandangkan bahwa Rinhub adalah Almamater bagi seluruh warga Hubad. Pada tanggal 8 Pebruari 1960 Sekolah Bawahan di Surabaya diserah terimakan kepada Itjen Pendidikan dan Latihan kemudian pada tanggal 23 Juli 1960 Sekolah Bawahan di Surabaya diganti namanya menjadi Sekolah Tamtama Perhubungan.
Previous
Next Post »
0 Komentar