Logo Batalyon Infanteri (YONIF) 6/Marinir - Cilandak, Jakarta Selatan

00:20
Batalyon Infanteri 6/Marinir disingkat Yonif 6/Marinir adalah sebuah pasukan marinir Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) yang merupakan bagian dari Brigade Infanteri 2/Marinir yang bermarkas besar di CilandakJakarta Selatan.
Baca Juga :
Batalyon Infanteri 6 Marinir terdiri dari 4 Kompie yaitu Kompie Dwipangga yudha,Kompie Garuda Sakti,Kompie Harimau Perkasa,dan Kompie Jaguar Yudha.

Awal pembentukan dengan sebutan Batalyon VI Komando Korps Komando Angkatan Laut disingkat BAT. VI. KO

Kemudian mengalami perubahan menjadi Batalyon Infanteri – 6 Korps Komando Angkatan Laut disingkat Yonif – 6 KKO AL
Selanjutnya ditetapkan kembali dengan sebutan Batalyon Infanteri – 6 Korps Marinir disingkat Yonif – 6 Mar sampai dengan sekarang

Awal pembentukan

Berdasarkan Surat Keputusan Komandan Korps Komando Angkatan Laut Nomor : 5401.12.6 tanggal 14 Juli 1962 tentang penetapan terbentuknya Batalyon VI Komando Korps Komando Angkatan Laut disingkat “BAT. VI. KO” dengan kekuatan personel beberapa PERWIRA, siswa keluaran SEDASPAKO, Pelajar keluaran SECABA, pelajar keluaran SETAKOP dan pelajar keluaran WAMILTA, taraf-taraf pembentukan BAT.VI.KO dilanjutkan kemudian hingga sesuai dengan TOP Batalyon Infanteri Korps Komando Angkatan Laut yang baru disamping mendidik WAMILTA berlokasi di Kesatrian Korps Komando Angkatan Laut Cilandak.

Perubahan status

Berdasarkan Surat Keputusan Panglima Korps Komando Angkatan Laut Nomor : 5401.9 Tahun 1966 tanggal 5 Mei 1966 Panglima Korps Komando Angkatan Laut (Mayjen KKO Hartono) meresmikan terbentuknya Batalyon Infanteri – 6 Korps Komando Angkatan Laut (Yonif – 6 KKO AL) yang menjadi organik Paskoarma.
Pada akhir tahun 1970 Batalyon Infanteri – 6 KKO AL dilikuidasi yang selanjutnya unsur-unsur yang ada di dalamnya menjadi organik Batalyon – 2 KKO AL. Sejarah berjalan terus penyempurnaan Korps Komando AL semakin maju disesuaikan dengan derap majunya pembangunan, maka sesuai Surat Keputusan Dan Kormar Nomor : Skep / 19 / IV / 1979 pada tanggal 7 April 1979 Batalyon Infanteri 6 Korps Marinir (Yonif – 6 Mar) kembali diaktifkan sebagai Satuan pelaksana Resimen Infanteri – 2 Marinir yang berkedudukan langsung di bawah Danmenif – 2 Mar, bermarkas di Cilandak, Jakarta Selatan.

Hari jadi Batalyon Infanteri – 6 Marinir

Selanjutnya berdasarkan Surat Keputusan Dan Kormar Nomor : Skep / 121 / IX / 1993 tanggal 10 September 1993 menetapkan HARI JADI YONIF – 6 MAR pada tanggal 14 JULI 1962, dengan demikian semua ketentuan yang bertentangan dengan Surat Keputusan ini tidak berlaku lagi.

Pengalaman Pengalaman Tugas Operasi Prajurit Batalyon Infanteri 6 Marinir

Sejak masa berdirinya,telah banyak sekali tugas tugas operasi yang berhasil diemban oleh Batalyon Infanteri 6 marinir,diantaranya operasi di Timor Timur,Perbatasan malaysia,pengamanan selat Malaka,juga tugas Pasukan Perdamaian PBB di Lebanon.Beberapa penugasan yang dinilai cukup sukses dan memberikan hasil positif yang berhasil dilaksanakan oleh Batalyon Infanteri 6 Marinir yaitu Satgas Rencong Sakti XVI Aceh Utara dimana Satgas ini berhasil melumpuhkan beberapa tokoh sentral GAM.

Semboyan Batalyon Infanteri – 6 Marinir


Batalyon Infanteri – 6 Marinir "NANGGALA" yang berkedudukan di bawah Brigade Infanteri - 2 Marinir bermarkas di Bhumi Marinir Cilandak Jakarta Selatan, mempunyai semboyan "Yudha Hamungmemayu Hayuning Bawono Langgeng” yang bermakna"Bertempur untuk menjaga kedaulatan & kedamaian Nusantara yang abadi
"

Artikel dikutip dari Wikipedia
Previous
Next Post »
0 Komentar