Logo Batalyon Infanteri (YONIF) 732/Banau - Jailolo Halmahera Barat

22:48
Logo Batalyon Infanteri (YONIF) 732/Banau
Request Logo By Novi Alim Murdani
Waisai, 999-logo.blogspot.com - Batalyon Infanteri 732/Banau atau Yonif 732/BN merupakan Batalyon Infanteri yang berada dibawah komando Korem 152/Baabulah, Kodam XVI/Pattimura. Markas batalyon dan Kompi Markas berkedudukan di Ds. Porniti Kec. Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, berdekatan dengan pusat pemerintahan kab.Halbar. dengan Kompi C berkedudukan di Tobelo,Kabupaten Halmahera Utara.
Baca Juga :
Nama Banau diambil dari nama pahlawan dari Teluk Jailolo yang memimpin perlawanan pada zaman pendudukan Belanda. Nama aslinya sebenarnya adalah Baba dan berasal dari Desa Tuada. Banau adalah julukan yang berasal dari kata Baba dan Nonau yang brarti Laki-laki perkasa. Pada tanggal 12 September 1914, Banau membunuh Gezaaghebber (semacam Wakil Gubernur pada jaman Belanda) Jailolo yang bernama Agerbeek.
PRAJURIT YONIF 732/BANAU TUAI PRESTASI ( tniad.mil.id)
Setelah itu Banau menjadi Buronan Belanda dan berkobarlah Perang Jailolo, yang oleh masyarakat setempat sering disebut "Perang Tuada se Tudowongi". Perlawanan yang dipimpin Banau dan sahabatnya Puaen, bermula dari wilayah Tuada dan Todowongi, menyebar ke Porniti, dan wilayah Jailolo lainnya. Banau akhirnya menyerahkan diri pada Sultan Ternate, Sultan Haji Muhammad Usman Syah, dan Sultan langsung menyerahkan Banau kepada Penguasa Belanda di Ternate untuk diadili. Mahkamah militer Belanda menghukum mati Banau di atas tiang gantungan.
Artikel dikutip dari Wikipedia
Previous
Next Post »
0 Komentar