Logo Batalyon Komando (YONKO) 462/Paskhas

23:46
Logo Batalyon Komando (YONKO) 462/PaskhasAdd caption
Request Logo By Novi Alim Murdani
Batalyon Komando 462/Pulanggeni atau (Yonko 462/Paskhas) adalah satuan tempur Korps Pasukan Khas yang berkedudukan langsung dibawah Komandan Wing 1 Paskhas dengan tugas yang harus dilaksanakan sebagaimana disebutkan di dalam Surat Keputusan Kasau Nomor : Kep/5/III/1999 tanggal 16 Maret 1999 adalah bertugas mengamankan dan mempertahankan Pangkalan/Alutsista/Instalasi TNI AU, Pengendali Pangkalan Udara Depan, Pengendali Tempur, SAR Tempur serta tugas lainnya sesuai dengan kebijakan Panglima TNI. dan bermarkas di Pekanbaru. Sesuai Peraturan Kasau /53/VIII/2008 tertanggal 13 Agustus 2008 tentang Penyempurnaan Pokok-Pokok Organisasi dan Prosedur Korps Pasukan Khas TNI AU, maka penyebutan "Skadron" diubah menjadi "Batalyon". Sehingga penyebutan Skadron 462/Paskhas berubah menjadi Batalyon Komando 462/Paskhas.
Baca Juga :

Sejarah

Sebagai Kesatuan Pangkalan Udara yang bertugas mendukung serta melaksanakan operasi udara, membina dan mengoperasikan seluruh satuan jajarannya serta membina potensi kedirgantaraan, Lanud Pekanbaru merasa perlu suatu keamanan dan kenyamanan kerja. Sehubungan dengan hal tersebut maka diperlukan adanya satuan/pasukan yang dapat menjaga keamanan wilayah, utamanya daerah sekitar pangkalan. Oleh karena itulah Komando Pusat Paskhasau menyerahkan Skadron Paskhasau 462 kepada Lanud Pekanbaru berdasarkan Surat Keputusan No : Skep/29/III/1985 tanggal 11 Maret 1985. Namun mengingat belum tersedianya fasilitas perumahan dan perkantoran untuk Skadron Paskhasau 462 di Lanud Pekanbaru, untuk sementara pembinaannya tetap dibawah Lanud Sulaiman, sedang di Pekanbaru ditugaskan satu team secara bergiliran selama enam bulan sekali. Kemampuan team meliputi kemampuan Pertahanan dan keamanan Pangkalan, pengendalian tempur, pengendalian pangkalan dan SAR serta tugas-tugas khusus lainnya.
Upacara Pembukaan Vector Balance Iron (VBI) TA 2016 Di Yonko 462 Paskhas (paskhas.mil.id)
Seiring dengan perkembangan di jajaran TNI AU dan arus kebebasan yang terus meningkat, maka keberadaan Skadron Paskhas harus dikembangkan pula. Untuk itu dibangun Markas Skadron Paskhasau 462 di ujung tenggara Komplek Lanud Pekanbaru. Pembangunan Markas Skadron Paskhasau 462 selesai dan siap dioperasionalkan pada awal tahun 2003.
Dengan demikian mulai bulan April 2003 markas lama Skadron Paskhasau 462 untuk sementara difungsikan sebagai Mess bagi anggota yang sudah berkeluarga sambil menunggu kesiapan fasilitas perumahan. Meski Skadron Paskhas 462 bermarkas di Lanud Pekanbaru namun demikian pembinaannya di bawah Wing I/Paskhas, Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Sesuai dengan tugas pokoknya Paskhasau 462 mampu melaksanakan pertahanan dan keamanan pangkalan, pengamanan alutsista dan SAR. Disamping itu Paskhasau 462 mempunyai kemampuan melaksanakan pertahanan vertical maupun horizontal. Sedangkan untuk mengamankan alutsista meliputi Skadron Udara 12, Skatek 045, Satuan Radar 208 Dumai, Gudang Ammo dab fasilitas lainnya. Disamping itu juga berkemampuan untuk melaksanakan Dalpur serta tugas SAR baik darat maupun air.
Artikel dikutip dari Wikipedia
Previous
Next Post »
0 Komentar