Logo Brigade Infanteri (BRIGIF) 2/Marinir - Cilandak

23:38
Batalyon Infanteri 2/Marinir disingkat Yonif 2/Marinir adalah sebuah pasukan marinir Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) yang merupakan bagian dari Brigade Infanteri 2/Marinir yang bermarkas besar di Cilandak, Jakarta Selatan.
Baca Juga :
Batalyon Infanteri 2/Marinir, merupakan satuan pelaksana Brigade Infanteri 2/Marinir yang mempunyai tugas pokok sebagai Batalyon Tim Pendarat Amphibi.

Sejarah

Pada bulan Maret 1960 unsur-unsur KKO AL Jakarta yang terdiri dari Kompi Markas Mabes KKO AL, Kompi Markas Yon KKO AL, Kompi Mobil KKO AL dan Kompi Pendidikan Wamil Darurat Tamtama KKO AL dibentuk organisasi tugas “Batalyon Komado KKO AL” Jakarta atau disingkat BATKOTA sebagai embrio Yonif-2 Mar. Selanjutnya akhir Januari 1961 BATKOTA ini dilebur menjadi Batalyon II KKO AL yang diresmikan 2 Agustus 1961.
Peringatan HUT ke-67 Korp Marinir TNI AL di lapangan Brigif-2 Marinir Kesatrian Marinir Hartono, Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (22/11). (Republika/Agung Fatma Putra)
Penyempurnaan organisasi dan penambahan personel terus dilaksanakan, dan tahun 1962 terbentuklah kesatuan dengan kekuatan Batalyon. Dalam perkembangannya BATKOTA tercatat pernah memberikan kekuatannya yaitu 2 Kompi Infanteri dan I Kompi Infanteri Senjata Bantuan menjadi inti Batalyon-5 KKO AL. Demikian pula Batalyon ini pernah menerima perkuatan satu kompi dari Batalyon-3 dalam penyempurnaan organisasinya.
Batalyon II KKO AL pada awal berdirinya merupakan kekuatan yang berdiri sendiri namun dalam perkembangannya pernah menjadi bagian dari Pasinko, Paskoarma-2, dan pernah pula berperan sebagai Paskamrat Daeral-III Jakarta. Saat ini Yonif-2 Mar menjadi bagian Brigif-2 Mar Jakarta.
Artkel dikutip dari Wikipedia
Previous
Next Post »
0 Komentar