Logo LAKESLA - Lembaga Kesehatan Kelautan TNI AL

14:56
Logo LAKESLA - Lembaga Kesehatan Kelautan TNI AL
Request Logo By Novi Alim Murdani
Waisai, 999-logo.blogspot.com - Artikel Berikut ini tentang Lambang / Logo dari Lembaga Kesehatan Kelautan TNI AL ayng diseingkat LAKESLA yang beralamat di Jl. Gadung No.1, Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur  dengan Nomor Telepon (031) 8421197
Baca Juga :
LAKESLA Drs. Med. R. RIJADI S., Phys
Visi
      Dalam rangka mewujudkan kesiapan dan kemampuan Lakesla Drs. Med. R. Rijadi S., Phys sesuai dengan perkembangan TNI AL guna mendukung tugas dalam menjaga dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Lakesla Drs. Med. R. Rijadi S., Phys mempunyai visi :SEBAGAI PUSAT UNGGULAN KESEHATAN MATRA LAUT.

Misi
      Untuk mewujudkan visi Lakesla Drs. Med. R. Rijadi S., Phys dan memberikan peluang untuk perubahan sesuai tuntutan lingkungan maka ditetapkan misi Lakesla Drs. Med. R. Rijadi S., Phys sebagai berikut :
  1. Menyiapkan dukungan kesehatan penyelaman.
  2. Melaksanakan pendidikan, penelitian dan pengembangan dalam bidang kesehatan matra laut.
  3. Mengembangkan teknologi kesehatan matra laut.
 Kantor LAKESLA - Lembaga Kesehatan Kelautan TNI AL ( lakesla.com)
  
SEJARAH
I. PERIODE 1968 -1971
Dalam periode ini Lakesla masih merupakan cikal bakal, sedangkan institusi ini masih bernama Lemkesal yang dipimpin oleh dr. Dardjo.
       Pada tahun 1968 tercetuslah ide untuk mendirikan  Lembaga Kesehatan yang digagas di Graving dock “Irian”  guna mendukung operasional Armada R.I. adapun para pencetus ide tersebut adalah
  1. Dokter Soesanto Mangoen Sardjito, pernah pendidikan di Polandia
  2. Dokter Dardjo pernah pendidikan di Rusia
  3. Med. R. Rijadi Sastropanoelar,.Phys pernah pendidikan di Yugoslavia
  4. Dokter Donir Djonhar pernah pendidikan di Jepang
  5. Dokter Sigit Widodo
Dari hasil kesepakatan bersama maka berdirilah suatu lembaga kesehatan yang diberi nama : “LEMKESAL”   bertempat di Diskes Konatal (PAL) Surabaya .
Keberadaan Lemkesal pada saat itu, merupakan Surlakteklap Jankesal, yang rencananya  akan ditugasi untuk  meneliti dan mengembangkan bidang Kimia, Faal dan Kesehatan Pelabuhan.
     Bidang Kimia : meneliti dan mengembangkan pertahanan Armada R.I. dari serangan senjata kimia, biologi dan nuklir, namun dalam perkembangan sejarahnya tugas ini  di bebankan ke “LAFIAL“.
Bidang Faal : meneliti dan mengembangkan Ilmu  Faal  untuk  mendukung kemampuan tempur prajurit ALRI yang bertugas   di  kapal  atas air, kapal selam, tank amphibi, pesawat udara dan bataliyon  KKO–AL.
         Bidang Kesehatan Pelabuhan  saat itu merencanakan untuk melakukan tugas fumigasi dan karantina. dalam perkembangan sejarahnya tugas ini di bebankan ke Diskes  Kodamar IV.
         Dari ketiga bidang tersebut diatas maka hanya  bidang faal yang dikembangkan  oleh Lemkesal. Lemkesal saat itu pernah ditugasi untuk melakukan penelitian Ransum laut  bagi ABK, sedang pelaksanaan penelitian di R.I. “IRIAN”,  guna menentukan kebutuhan  gizi prajurit ALRI.

II. PERIODE 1971 - 1987  
         Pada periode ini kepemimpinan Lemkesal sudah di serahkan kepada Drs. Med. R. Rijadi S Phys., yang kemudian kantor Lemkesal pindah dari Diskes Konatal (PAL ) ke Jln Pati Unus (Sekarang Diskes Lantamal V Surabaya) yang kemudian Lemkesal berganti nama “LAPUSKESPREV”. Dari sinilah  Lapuskesprev mulai  berkiprah dengan pengadaan alat-alat pendukung operasional Penelitian dan Pengembangan Ilmu  Faal misalnya: WBGT, AUDIOMETRI, ERGOCYCLE ,   ECG, PULSEMETER, STEP UP TEST, SPIRO MERA / COLLIN, BMR, ANTROPOMETRI DLL.
         Dalam perjalanan sejarahnya, Lapuskesprev makin berkembang dan pada tahun 1975 Lapuskesprev berubah menjadi “LAKESLA” (  Lembaga Kesehatan Keangkatan Lautan). Tahun 1976 kantor Lakesla pindah ke Jakarta, namun perwakilan Lakesla di Surabaya tetap di pertahankan dan sebagai penanggung jawab medis adalah dr. J. Tumonggor, dan dibantu oleh beberapa personil antara lain :
  1. Isnatun
  2. Slamet
  3. Sri Sutjipto (Kepala Harian)
  4. Gimun Murnanto
  5. Kadino
  6. Slamet (sopir)
  7. Fatah ( detasir )
  8. Endang ( detasir )
Sedangkan di Jakarta pimpinan Lakesla tetap dijabat oleh Drs.  Med. R. Rijadi S Phys. dibantu oleh beberapa personil :
  1. Maharani
  2. Dra Sasi Handayani
  3. Drs Karma Budiman, Apt
  4. Said Amir Hamzah Bsc
  5. Imam Dasuki
  6. Suharyono
  7. Sularno
  8. Sri Patmularsih
         Pada masa ini sudah banyak kegiatan baik penelitian maupun chek up kemampuan tempur TNI AL: secara rutin, bahkan club – club pesepak bola di  Surabaya memanfaatkan keberadaan Lakesla untuk menguji antropometri, faal kerja,  kekuatan otot dan ketahanan stamina para pemainnya, misalnya Persebaya, Niac Mitra dan Persegres, pemeriksaan Spirometri dan audiometric bagi karyawan Telkom di Surabaya.
Pada tahun 1976 dilakukan proyek penelitian gizi prajurit guna menentukan indek ULP ( uang lauk pauk )  bagi  anggota yang sedang bertugas  /  berlayar.
Sedangkan Lakesla   Jakarta juga mengadakan penelitian – penelitian serta urikkes   puanpur secara rutin bagi  prajurit TNI AL yang ada di Jakarta dan Werving Catar AKABRI  setiap tahun  di Magelang.
Penelitian yang dikerjakan antara lain :
  1. Kehilangan Cairan Tubuh bagi prajurit Rindam Condet pada saat Long March.
  2. Kebutuhan kalori pada saat kerja bagi kowal
  3. Standart Ransum Prajurit Raiders pada saat lintas medan bagi prajurit Marinir / TNI AD di Ciuyah Bogor
  4. Program penurunan Berat Badan bagi anggota KOWABRI
Pada tahun 1981 Lakesla Jakarta dan perwakilan Lakesla Surabaya bergabung menjadi satu kembali, di Surabaya ( di komplek RUMKITAL DR RAMELAN Surabaya) karena sedang di bangun gedung Lakesla.
Sambil menunggu selesainya  pembangunan gedung Lakesla, sementara Lakesla berkantor di Aspa Rumkital Dr Ramelan / Sekesal Surabaya. dalam kurun waktu kurang lebih 3 bulan sambil melakukan persiapan  dan konsolidasi dengan satker lain , maka pada tanggal  29 April 1982  gedung Lakesla diresmikan oleh Kasal Laksma Waluyo Sugito.
         Lakesla mulai menempati gedung  baru dan beban tugas lain sudah  menunggu  karena di gedung ini dilengkapi alat-alat  kesehatan yang super canggih pada jamannya seperti : Chamber HIperbarik, ENG, Audiometri, Dinamometri, Telemetri, Sound Level Meter, Havard Step Up Tester, WBGT,  BMR,  peralatan Laboratorium  dll.
Momentum peresmiam gedung Lakesla ini untuk selanjutnya di jadikan dasar berdirinya Lakesla :  29 April 1982
Logo Lakesla di desain oleh Slamet PNS sedangkan Semboyan “ RUMEKSA JALA PUTRA “ oleh Drs. Med R.Rijadi S. Phys yang mempunyai arti :
RUMEKSA :
  1. Memelihara
  2. Perawat
  3. Melindungi
  4. Membina
JALA  :
  1. Laut
  2. Samudra
  3. Bahari
PUTRA :
  1. Prajurit
  2. Anak
RUMEKSA JALA PUTRA mempunyai makna :  Merawat dan membina Prajurit Angkatan Laut
        Pada saat itu   Lakesla dibawah binaan Dirkesal, namun pada tanggal 17 Juni 1985 karena dinamika perobahan Organisasi maka Lakesla tidak lagi di bawah kendali Dirkesal, di  alihkan binakan ke Armada,  mulai saat itu Lakesla di bawah kendali Pangarma ( Sprin Kasal No: 735 / VI / 1985 tanggal 14 Juni 1985 ).
Dalam perjalanan sejarah, Pangarma mengeluarkan surat perintah kepada Dan Lantamal Surabaya untuk  mengendalikan Lakesla ( Sp  Pangarma No : 194 / VII / 1985 tanggal 8 Juli 1985).
Dari hasil evaluasi  Pimpinan TNI AL maka Lakesla kembali dibawah kendali Dirkesal pada tanggal : 8 Oktober 1986 ( K. Gram Kasal No: 22 TWU 0828.17 26  ).   Selama periode ini  banyak tugas-tugas yang di laksanakan selain penelitian dan pengembangan Ilmu Faal juga Ilmu Kesehatan Hiperbarik.
         Penambahan bangunan fisik untuk ruang staf dibangun tersambung dengan sayap kanan gedung RSAL  namun masih berlantai  satu.
          Tugas – tugas  dilaksanakan  antara lain :
  • Pemeriksaan Faalja Pemain sepak bola Persebaya, Primavera, 
  • Pemeriksaan Faalja Penyelam POSSI Jatim
  • Dukkes bagi Prajurit TNI AL Puan Pur & Matra Laut
  • Werving Catar Akabri di Magelang.
  • Yankes Terapi HBO
  • Penelitian Mabuk Laut
  • Membentuk Tim pelatih / Instruktur Urikkes Puan Pur bagi Diskes/satkes di luar Pulau Jawa seperti Diskes Tanjung Pinang, Diskes Ujung Pandang,  Satkes Biak, Diskes Ambon.
  • Job Training bagi personil RS Marinir Cilandak untuk pelatihan Urikkes Puan Pur
  • Diklat bagi calon awak Chamber HBO di Diskes Lantamal Ambon
  • Penelitian Pengaruh Lingkungan kerja terhadap :
    • Awak converter Lantamal Surabaya
    • Awak pesawat di Juanda
    • Awak mesin Turbin PSK di Armada
    • Awak Tank Amphibi di Ujung
Previous
Next Post »
0 Komentar