Logo Dinas Penelitian dan Pengembangan (Litbang) TNI Angkatan Darat (AD)

11:54
Logo Dinas Penelitian dan Pengembangan (Litbang) TNI Angkatan Darat (AD)
Request Logo By Novi Alim Murdani
Waisai, 999-logo.blogspot.com -Dinas Penelitian dan Pengembangan Angkatan Darat atau Dislitbangad adalah salah satu Badan pelaksana pusat Markas besar TNI Angkatan Darat yang bertugas membina dan menyelenggarakan fungsi penelitian dan pengembangan TNI Angkatan Darat dalam rangka mendukung tugas TNI Angkatan Darat Dislitbangad berkedudukan langsung di bawah Kasad.
Markas Komando Dinas Penelitian dan Pengembangan Angkatan Darat berada di Jl. Matraman Raya No. 143. Jakarta Timur.
Baca Juga :

Peran, Tugas dan Fungsi Dislitbangad

Dinas Penelitian dan Pengembangan Angkatan Darat (Dislitbangad) adalah suatu badan Pelaksana Pusat ditingkat Mabesad yang berkedudukan langsung dibawah Kasad yang bertugas pokok membina dan menyelenggarakan fungsi Penelitian dan Pengembangan Angkatan Darat dalam rangka mendukung tugas pokok Angkatan Darat. Untuk melaksanakan tugas pokok tersebut, Dislitbangad menyelenggarakan fungsi-fungsi yaitu : Fungsi Utama, yang meliputi  :
  1. Pertama Pengkajian dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yaitu segala usaha, pekerjaan dan kegiatan di bidang penyelenggaraan kegiatan pengkajian dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka pembinaan kemantapan dan efektivitas satuan Angkatan Darat.
  2. Kedua, Penelitian dan Pengembangan Materiil Utama yaitu meliputi segala usaha pekerjaan dan kegiatan dibidang penyelenggaraan kegiatan penemuan pengembangan dan pengujian materiil utama yang meliputi Senjata, Amunisi, Ranjau, Bahan Peledak, Ranpur, Rantis, dan Alkompur, dalam rangka pembinaan kemantapan dan efektivitas satuan TNI Angkatan Darat.
  3. Ketiga, Penelitian dan Pengembangan dan Materiil Umum yaitu meliputi segala usaha pekerjaan dan kegiatan dibidang penyelenggaraan kegiatan penemuan pengembangan dan pengujian materiil utama yang meliputi bahan makan alat kesehatan, alat penolong instruksi, alat Zeni, alat komunikasi (selain alkompur), ranmin dan ransus, dalam rangka pembinaan kemantapan dan efektivitas satuan TNI Angkatan Darat.
  4. Keempat, Penelitian dan Pengembangan Materiil Khusus yaitu meliputi segala usaha pekerjaan dan kegiatan dibidang penyelenggaraan kegiatan penemuan pengembangan dan pengujian materiil utama yang meliputi Alat perlengkapan alsatri, alat grafika, instrumentasi, laboratorium dan alat optik serta alat khusus lainnya, dalam rangka pembinaan kemantapan dan efektivitas satuan TNI Angkatan Darat.
  5. Kelima Laboratorium yaitu meliputi segala usaha pekerjaan dan kegiatan dibidang penyelenggaraan penelitian dan pengembangan di Laboratorium dalam rangka mendukung tugas TNI Angkatan Darat.
Selain fungsi utama, Dislitbangad juga menyelenggarakan Fungsi Organik, yang meliputi Fungsi Organik Militer, yaitu segala usaha pekerjaan dan kegiatan dibidang Pengamanan, personel, logistik dan binter terbatas dalam rangka mendukung tugas pokok Dislitbangad dan Fungsi Organik Pembinaan, yaitu segala usaha pekerjaan dan kegiatan dibidang perencanaan dan anggaran, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan pengendalian serta latihan satuan dalam rangka mendukung tugas pokok Dislitbangad.
Artikel dikutip dari Wikipedia
Previous
Next Post »
0 Komentar